Penulis :

Tata Cara Pengajuan Keberatan Informasi
1. Pemohon mengajukan pernyataan keberatan secara tertulis paling lambat 30 hari kerja
setelah ditemukannya alasan-alasan sebagai berikut:
  • penolakan atas permintaan informasi berdasarkan alasan pengecualian
  • tidak disediakannya informasi berkala
  • tidak ditanggapinya pernnintaan informasi
  • permintaan infonmnasi ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta
  • tidak dipenuhinya permintaan infomasi
  • pengenaan biaya yang tidak wajar
  • penyampaian informasi yang melebihi waktu yang ditentukan oleh Undang-undang No. 14/2008
2. Permohonan keberatan dapat dilakukan di meja layanan informasi secara lisan maupun tertulis
3. Pemohon informasi wajib mengisi Register Keberatan yang sekurang-kurangnya memuat:
  • Nomor
  • Tanggal diterimanya keberatan
  • Identitas lengkap pengaju keberatan
  • Atasan pengajuan keberatan
  • Waktu pemberian tanggapan keberatan
  • Nama dan tanda tangan pengaju keberatan serta petugas yang menerima pengajuan keberatan
Dalam hal keberatan diajukan secara lisan, Petugas Layanan Informasi mengisikan formulir diatas berdasarkan keterangan pemohon dan ditandatangani oleh pemohon.